Langsung ke konten utama

ILMU TEKNIK : CARA MENGISI GAS FREON KE DALAM INSTALASI MESIN KULKAS

Bagaimana caranya untuk mengisi gas freon 12 ke dalam instalasi mesin kulkas ??

Apabila kita akan mengisi gas freon ke dalam instalasi mesin kulkas, maka haruslah terlebih dahulu udara-udara yang terdapat di dalam instalasi mesin kulkas itu dikeluarkan. Udara-udara yang tidak dikeluarkan dari instalasi mesin kulkas akan bercampur dengan gas freon dan udara itu akan menjadi tetesan-tetesan air di dalam pipa-pipa. Oleh karena sangat dinginnya keadaan suhu (temperatur) pada bagian verdamper, maka tetesan-tetesan air itu akan membeku di dalam Pipa verdamper, sehingga pada akhirnya Pipa verdamper itu menjadi tersumbat. Dengan demikian itu gas tidak dapat mengalir lagi di dalam rangkaian instalasi mesin kulkas dan es tidak dapat terbentuk pada bagian verdampernya. 

Dengan alasan tersebut apa yang diuraikan di atas, maka sebelum memasukkan atau mengisi gas ke dalam instalasi mesin kulkas itu, haruslah terlebih dahulu dilakukan pekerjaan membuang udara dari dalam instalasi mesin kulkas. Membuang Udara dari dalam instalasi mesin kulkas itu disebut "Instalasi mesin kulkas ditarik vacuum". 

Kran dari saluran tekan 1 tutuplah dengan jalan memutarkan kran ke arah kiri sampai habis, kemudian kran dari saluran isap 2 ditutup, kran diputarkan ke arah kanan sampai habis Kran dari saluran tekan 2 dibuka, untuk mana nantinya dari dalam instalasi mesin kulkas keluar melalui saluran kompresor dijalankan dan akan terjadilah penghisapan dari pipa-pipa bagian kondensor dari dalam pipa kapiiair dan dari dalani pipa-pipa dari bagian verdamper melalui saturan k ran isap l , masuk ke dalam silindcr kemudian keluar dari dalatli silinder menuju ke saluran kran tekan 2, kemudian keluar dari saluran kompresor itu. 

Udara yang keluar dari saluran itu dapat dirasakan dengan jalan lubang saluran dari kran tekan 2 ditutup oleh jari tangan. Apabila dari lubang saluran kran tekan 2 itu dirasakan tidak ter_ dapat tekanan udara, maka ini berarti bahwa udara-udara yang terdapat di dalam instalasi mesin kulkas itu telah keluar keeluruhannya. 

Setelah dianggap bahwa udara-udara sudah tidak terdapat lagi di dalam instalasi mesin kulkas, segeralah kran tekan 2 ditutup dan penutupan ini dapat dilakukan dengan memakai baut penutup, yang pada umumnya telah tersedia pada saluran tekan 2. Pekerjaan mengeluarkan udara dari dalam instalasi mesin kilkas sudah selesai dan dengan demikian ini berarti di dalam instalasi mesin kulkas dalam keadaan vacuum (hampa udara). 

Pekerjaan yang berikutnya adalah pada instalasi mesin kulkas diisi dengan gas freon dan cara untuk pengisian ini adalah sebagai berikut: Saluran isap kran 2 dihubungkan de ngan memakai pipa tembaga kepada bejana silinder baja yang berisikan gas freon. Setelah hubungan antara kompresor dengan bejana silinder baja yang berisikan gas freon itu dalam keadaan yang baik (tidak mungkin adanya kebocoran-kebocoran), maka segeralah kompresor dijalankan. 

Dalam waktu yang bersamaan ini, kran isap 2 dari saluran isap dibuka setengah dengan jalan diputarkan ke arah kiri' demikian pula kran tekan 1 dari salurah tekan dibuka. Berikutnya kran dari bejana silinder baja yang berisikan gas freon buka dan pada saat ini gas freon akan dihisap oleh kompresor sehingga gas freon dapat masuk ke dalam instalasi mesin kulkas segera kita memperhatikan pada bagian verdamper dan pada bebetapa saat akan terlihat dengan jelas Pada ujung permulaan dan Pipa verdamper akan menjadi es. Bagian yang jadi es ini tidak akan dapat merambat kepada seluruh sepanjang pipa-pipa bagian verdatnper, apabila penambahan atau pengisian yang terus menenas dari gas freon ke dalam instalasi mesin kutkas itu. 

Pengisan gas freon ke dalam instalasi mesin kulkas terus dilaksanakan sampai terbentuknya es diseluruh kepanjangan pipa-pipa bagian verdamper (sampai terjadinya es pada ujung yang terakhir dari Pipa verdamper). Bilamana keseluruhan ke_ panjangan Pipa verdamper terbentuk es, maka ini berarti bahwa gas freon telah mengisi seluruh instalasi mesin kulkas itu. 

Segeralah kita menghentikan pengisian gas freon ke dalam instalasi mesin kulkas dengan jalan menutup kran dari bejana silinder baja yang berisikan gas freon, kemudian kran 2 dari saluran tekan ditutup. Hubungan Pipa tembaga dari bejana silinder baja dilepaskan dari kompresor dan hubungan yang dilepaskan dari kompresor (saluran isap 2) ditutup memakai baut penutup yang pada umumnya telah tersedia. 

Dengan ini pengisian gas freon ke dalam instalasi mesin kulkas sudah selesai dan kulkas telah dapat membuat es. 

Langkah-langkah Kerja dalam pengisian gas freon ke dalam instalasi mesin kulkas. 

  1. Kran 1 dari saluran tekan ditutup (usahakanlah penutupan kran itu tidak terjadi kebocoran). 
  2. Baut penutup dari saluran tekan 2 dibuka (bautnya dilepaskan). 
  3. Kran 2 dari saluran tekan dibuka (terbuka penuh, putarkan kran sampai habis). 
  4. Kran 1 dari saluran isap harus dalam keadaan Yang terbuka (adakan pemeriksaan dengan teliti). 
  5. Kran 2 dari saluran isap hams dalam keadaan yang tertutup (adakanlah pemeriksaan dengan teliti). 
  6. Kompresor dijalankan dengan menghubungkan motor listriknya kepada aliran listrik. 
  7. Lubang saluran tekan 2 yang terbuka ditutup dengan jari untuk mengetahui apakah keseluruhan udara yang ada di dalam instalasi mesin kulkas telah keluar kaseIuruhannya. Apabila dari mulut saluran itu sudah tidak terdapat tekanan udara, maka berarti di dalam rangkaian instalasi mesin kulkas telah hampa udara (vaæum) segeralah kran 2 dari saluran tekan ditutup, kemudian tutup saluran tekan itu ditutup rrmakai baut penutup. 
  8. Untuk sementara kompresor dapat diberhentikan. 
  9. Salur isap pada kran 2 dihubungkan dengan memakai pipa tembaga ke bejana silinder baja yang berisikan gs freon. 
  10. Kran 1 dari saluran tekan dibuka penuh, sedangkan kran .1 dari saluran isap dibuka setengahnya.
  11. Kompresor dijalankan kembali. 
  12. Kran dari bejana silinder baja dibuka.
  13. Perhatikan pada pipa-pipa dari bagian verdamper
  14. Apabila keseluruhan kepanjangan pipa-pipa dari bagian verdamper telah membentuk atau membuat es, maka ini berarti pengisian dari gas freon ke dalam instalsi mesin kulkas telah selesai, maka segeralah kran dari bejana silinder baja yang berisikan gas freon itu ditutup. 
  15.  Kran 2 dari saluran isap juga segera ditutup. 
  16.  Hubungan bejana silinder baja yang berisikan gas freon dengan kompresor dilepaskan. 
  17. Saluran isap kran 2 (bekas bagian yang berhubungn dengan bejana silinder baja) ditutup memakai baut penutup. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU TEKNIK : Jenis Kikir, Bagian Kikir beserta Cara Pemegangan dan Posisi Pengikiran yang Benar

Nama Bagian dan Bentuk Kikir Mengikir adalah salah satu dari banyak macam kerja bangku yang penting dan juga sulit untuk mencapai hasil yang tepat. Pada umumnya untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana mengikir akan lebih ekonomis, baik biaya maupun waktunya, dibandingkan dengan menggunakan mesin-mesin modern. Kikir terbuat dari baja karbon tinggi yang ditempa, dan dibedakan menurut panjang, bentuk penampang, jenis dan kekasaran gigi pemotongnya Bentuk penampang kikir yang sering digunakan pada pekerjaan logam adalah bentuk rata, segi empat, segi tiga, bulat, setengah bulat, bujur sangkar, dan ellip. Jenis Gigi Kikir Kikir dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan pada jenis gigi pemotongnya, yaitu kikir bergigi tunggal dan kikir bergigi kembar/dua. Kikir dengan gigi potong tunggal digunakan untuk pemotongan benda kerja secara halus. Artinya pemotongan tidak dapat dilaksanakan secara tepat, tetapi hasil pengikiran pada permukaan benda kerja menjadi lebih halus. Kikir bergigi

ILMU TEKNIK : JENIS-JENIS KAYU UNTUK KUSEN RUMAH

1.       KAYU JATI Merupakan  Kayu yang memiliki warna umum coklat ini mem iliki urat bewarna coklat gelap  Kayu Jati terkenal akan kekuatan dan kepadatannya, yang mempengaruhi durabilitas kayu ini. Minyak didalam Kayu Jati dianggap membuatnya menjadi lebih tahan rayap, dan pori-pori nya yang kecil menyebabkan kayu ini dapat di finishing sangat halus.Kepadatan Kayu Jati membuatnya menjadi kayu favorit untuk dibuat ukiran. Kayu jati memiliki kekerasan antara 630-720 Kgs/M3 Kayu Jati saat ini juga sering diburu bekas-nya untuk menghasilkan produk berkesan rustic, dan dengan berbagai karakter yang disebutkan tadi Kayu Jati sangat cocok untuk di jadikan furniture berkelas dan bahan bahan ukiran. 2.       KAYU MERANTI Merupakan  Kayu yang bahasa latinnya Mahoni Philipina sering kita temui berwarna coklat ke merahan dan tanpa urat (grain)  Kayu Meranti atau sering juga disebut Kayu Kalimantan merupakan kayu yang sering dipergunakan untuk membuat kusen, furniture dan panel. Mendapat julukan K

Ternyata ini Alasan Kenapa JavaScript Tidak Memperbaiki Kekurangannya

Contoh kasus yang belum lama terjadi di lanskap Javascript:  Smooshgate . Pada tahun 2018, sebuah proposal fitur baru JavaScript mencapai  stage 3  dan siap menjalani uji implementasi, yaitu fungsi  Array.prototype.flatten . Fungsi tersebut membuat array yang bertingkat menjadi hanya satu tingkat, misalnya  [1, [2, 3]].flatten() akan menghasilkan  [1, 2, 3] . Fitur baru berdasarkan spesifikasi tersebut diluncurkan di Firefox Nightly untuk pengujian, masalah pun ditemukan. Seseorang melaporkan  bug  di Bugzilla untuk rilis Firefox Nightly, ia menemukan sebuah situs cuaca di Jerman,  http://wetteronline.de   tidak berfungsi sebagai mana mestinya akibat  polyfill  yang dilakukan MooTools terhadap  Array.prototype.flatten  yang memiliki ketidakcocokan dengan spesifikasi flatten yang akan diluncurkan [1] . Melihat masalahnya adalah dengan MooTools, seorang kontributor lain di Bugzilla menduga situs yang akan mengalami masalah ada lebih banyak, mengingat popularitas MooTools di zamannya. Moo