Langsung ke konten utama

ILMU TEKNIK : Jenis - Jenis Rem Beserta Fungsi dan Penggunaannya


Fungsi utama rem adalah untuk menghentikan putaran poros, mengatur putaran suatu poros dengan mengurangi atau membatasi putaran dan juga mencegah putaran yang tidak dikehendaki. Efek pengereman secara mekanis diperoleh dengan gesekan, dan secara listrik dengan serbuk magnit, arus putar, fasa yang dibalik, arus searah yang dibalik atau penukaran katup, dll. Dalam perencanaan rem, persyaratan terpenting yang harus dipenuhi adalah besarnya momen pengereman yang harus sesuai dengan yang diperlukan. Disamping itu besarnya energi yang dirubah menjadi panas harus pula diperhatikan, terutama dalam hubungannya dengan bahan gesek yang dipakai. Pemanasan yang berlebihan bukan hanya akan merusak bahan lapisan rem, tetapi juga akan menurunkan koefisien geseknya. Bahan rem harus memenuhi persyaratan keamanan, ketahanan dan dapat mengerem dengan halus. Disamping itu juga harus mempunyai koefisien gesek yang tinggi, keausan kecil, kuat, tidak melukai permukaan drum dan dapat menyerap getaran. Bahan gesek rem yang biasanya dipergunakan adalah ; kayu, asbes, kulit dan ferrodo

Kemampuan rem bergantung pada faktor : 
- Koefisien gesek 
- Kapasitas radiasi panas rem 
- Tekanan diantara bidang-bidang esek 

Rem gesekan dapat diklasifikasikan menjadi
- rem blok (rem sepatu)
- rem drum 
- rem sabuk (rem pita) 
- rem cakra (rim piringan) 

Rem Sepatu (Blook or shoe brake) 
Rem sepatu terdiri atas rem sepatu tunggal, yang hanya menggunakan satu blok sepatu, dan rem sepatu ganda yang menggunakan blok sepatu ganda. Blok rem dilengkapi dengan bahan gesek yang bisa diganti bila telah aus. Rem ini bekerja karena gaya tekan pada blok melalui tuas. Hal yang kurang menguntungkan pada rem blok tunggal adalah arah gaya tekan yang hanya satu arah saja, sehingga pada poros terjadi lenturan pada rem blok ganda, lenturan poros tersebut bisa dihindari. Skema rem sepatu yang sederhana, untuk tiga macam posisi titik putar tuas terhadap titik kontak gesek blok..
 ILMU TEKNIK - REM SEPATU

Rem Pita (Band Brake) 
Rem pita pada dasarnya terdiri dari sebuah pita baja yang sisi disebelah dalamnya dilapisi dengan bahan gesek, drum rem dan tuas keuntungannya antara lain. pembuatan dan pemasangannya mudah dan gaya pengereman besar dalam keadaan berhenti. Untuk putaran tinggi rem ini tidak sesuai, karena sukar dikendalikan. Pita rem bisa putus dan membahayakan manusia, maka rem ini tidak dipakai pada alat-alat pengangkut manusia. Penggunaan rem ini biasanya pada derek dan alat pengangkat barang. Gaya rem akan timbul bila pita diikatkan pada drum dengan gaya tarik pada kedua ujung pita tersebut.
 ILMU TEKNIK - REM PITA

Rem drum (internal expanding brake) 
Rem drum disebut juga rem tromol, sebenarnya adalah rem sepatu yang bekerja dari dalam. Rem drum mempunyai ciri lapisan rem yang terlindung, dapat menghasilkan gaya rem yang besar untuk ukuran rem yang kecil dan umur lapisan rem cukup panjang. Kelemahannya adalah pancaran panasnya buruk. Gaya rem tergantung pada letak engsel sepatu rem dan silinder hidrolik serta arah putaran roda
 ILMU TEKNIK - REM DRUM

REM CAKERA (Band and Block Brake) 
Rem cakera disebut pula rem piringan, terdiri atas sebuah cakera dari baja yang dijepit oleh lapisan rem dari kedua sisinya pada waktu pengereman. Rem ini mempunyai sifat-sifat yang baik seperti mudah dikendalikan, pengereman yang stabil, radiasi panas yang baik, dll. Sehingga sangat banyak dipakai untuk roda depan. Adapun kekurangannya adalah umur lapisan yang pendek, serta ukuran silinder rem yang besar pada roda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU TEKNIK : Jenis Kikir, Bagian Kikir beserta Cara Pemegangan dan Posisi Pengikiran yang Benar

Nama Bagian dan Bentuk Kikir Mengikir adalah salah satu dari banyak macam kerja bangku yang penting dan juga sulit untuk mencapai hasil yang tepat. Pada umumnya untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana mengikir akan lebih ekonomis, baik biaya maupun waktunya, dibandingkan dengan menggunakan mesin-mesin modern. Kikir terbuat dari baja karbon tinggi yang ditempa, dan dibedakan menurut panjang, bentuk penampang, jenis dan kekasaran gigi pemotongnya Bentuk penampang kikir yang sering digunakan pada pekerjaan logam adalah bentuk rata, segi empat, segi tiga, bulat, setengah bulat, bujur sangkar, dan ellip. Jenis Gigi Kikir Kikir dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan pada jenis gigi pemotongnya, yaitu kikir bergigi tunggal dan kikir bergigi kembar/dua. Kikir dengan gigi potong tunggal digunakan untuk pemotongan benda kerja secara halus. Artinya pemotongan tidak dapat dilaksanakan secara tepat, tetapi hasil pengikiran pada permukaan benda kerja menjadi lebih halus. Kikir bergigi

ILMU TEKNIK : JENIS-JENIS KAYU UNTUK KUSEN RUMAH

1.       KAYU JATI Merupakan  Kayu yang memiliki warna umum coklat ini mem iliki urat bewarna coklat gelap  Kayu Jati terkenal akan kekuatan dan kepadatannya, yang mempengaruhi durabilitas kayu ini. Minyak didalam Kayu Jati dianggap membuatnya menjadi lebih tahan rayap, dan pori-pori nya yang kecil menyebabkan kayu ini dapat di finishing sangat halus.Kepadatan Kayu Jati membuatnya menjadi kayu favorit untuk dibuat ukiran. Kayu jati memiliki kekerasan antara 630-720 Kgs/M3 Kayu Jati saat ini juga sering diburu bekas-nya untuk menghasilkan produk berkesan rustic, dan dengan berbagai karakter yang disebutkan tadi Kayu Jati sangat cocok untuk di jadikan furniture berkelas dan bahan bahan ukiran. 2.       KAYU MERANTI Merupakan  Kayu yang bahasa latinnya Mahoni Philipina sering kita temui berwarna coklat ke merahan dan tanpa urat (grain)  Kayu Meranti atau sering juga disebut Kayu Kalimantan merupakan kayu yang sering dipergunakan untuk membuat kusen, furniture dan panel. Mendapat julukan K

Ternyata ini Alasan Kenapa JavaScript Tidak Memperbaiki Kekurangannya

Contoh kasus yang belum lama terjadi di lanskap Javascript:  Smooshgate . Pada tahun 2018, sebuah proposal fitur baru JavaScript mencapai  stage 3  dan siap menjalani uji implementasi, yaitu fungsi  Array.prototype.flatten . Fungsi tersebut membuat array yang bertingkat menjadi hanya satu tingkat, misalnya  [1, [2, 3]].flatten() akan menghasilkan  [1, 2, 3] . Fitur baru berdasarkan spesifikasi tersebut diluncurkan di Firefox Nightly untuk pengujian, masalah pun ditemukan. Seseorang melaporkan  bug  di Bugzilla untuk rilis Firefox Nightly, ia menemukan sebuah situs cuaca di Jerman,  http://wetteronline.de   tidak berfungsi sebagai mana mestinya akibat  polyfill  yang dilakukan MooTools terhadap  Array.prototype.flatten  yang memiliki ketidakcocokan dengan spesifikasi flatten yang akan diluncurkan [1] . Melihat masalahnya adalah dengan MooTools, seorang kontributor lain di Bugzilla menduga situs yang akan mengalami masalah ada lebih banyak, mengingat popularitas MooTools di zamannya. Moo