Langsung ke konten utama

ILMU TEKNIK : KOMPONEN UTAMA MOTOR BAKAR BESERTA FUNGSINYA


1. Komponen yang tidak dapat bergerak :
      a. Kepala Silinder
      b. Blok Silinder
      c. Bak Oli
2. Komponen yang dapat bergerak :
      a. Torak
      b. Poros Engkol
      c. Chamshaft
      d. Gigi Timing
      e. Roda penerus
A. KEPALA SILINDER
Gb. Kepala Silinder
     Berfungsi : 1. Penutup Blok Sil
                        2. Ruang pencampuran bahan bakar dan udara
                        3. Menempatkan mekanisme katup, mainfold dan busi
     
     Pada kepala silinder terdapat 
     a. Ruang Bakar              
     b. Intake System
     c. Exhause System
     d. Intake Mainfold
     
     Bahan pembuatan kepala silinder adalah besi tuang sehingga tahan terhadap temperatur tinggi, bahan lain yaitu paduan alumunium sehingga memiliki kemampuan pendinginan yang lebih baik dari pada bahan besi tuang.
Cara Kerja Kepala Silinder
Komponen penututp blok sil bertugas menutup rongga silinder,
Gasket Kepala Silinder
Terbuat dari bahan Carbon Clad Sheet Steel  berfungsi unutk mencegah kebocoran gas,pembakaran,air pendingin dan oli
Intake System
Berfungsi untuk menyaring kotoran sebelum masuk ke dalam silinder
Intake Mainfold
Berfungsi untuk mengarahkan aliran campuran bahan bakar dan udara kedalam silinder
Exhause System 
Komponen yang terdapat pada Exhause System yaitu :
   1. Exhaust mainfold berfungsi untuk mengumpulkan gas buang
   2.  TWC ( Three Way Catalis) berfungsi untuk menurunkan pencemaran udara akibat sisa-sisa pembakaaran
   3. Exhause Pipe berfungsi untuk menyalurkan gas sisa pembakaran ke uffler atau udara luar
Muffer berfungsi untuk menurunkan kecepatan aliran gas sisa pembakaran 
2. Blok Silinder
Berfungsi untuk : 1. Tempat piston bergerak naik dan turun
                            2.  Menopang komponen mesin lainnya
                             
3. Bak Oli
Fungsi dari bak oli adalah untuk menampung oli mesin untuk pelumasan.
Pada bak oli terdapat gasket yang berfungsi untuk mencegah kebocoran oli
Selain itu ada juga Separator yang berfungsi menjaga agar bak oli dalam keadaan rata meskipun mobil dalam posisi miring. 
2.1 Torak (Piston) dan Kelengkapannya
Gb. Kelengkapan Torak
Harus memiliki sifat tahan panas dan ringan
ada 3 fungsi torak yaitu : 1. Menerima tekanan gas hasil pembakaran 
a. Celah Torak
Celah Torak berfungsi mencegah macetnya torak saat beroperasi dan meningkatkan kemampuan mesin.
b. Pegas Torak
Pegas Torak berfungsi untuk mencegah kebocoran gas, mencegah oli masuk ke ruang bakar dan memindahkan panas dari piston ke dinding silinder.
c. Pegas Pengontrol Oli
Berfungsi untuk menyapu oli
d. Celah Ujung Pegas
Berfungsi agar saat terjadi pemuaian ring tidak bengkok
e. Pena Torak
berfungsi untuk menghubungkan torak dengan batang torak melalui lubang bushing
f. Batang Torak
berfungsi untuk menghubungkan torak dengan crankshaft dan meneruskan tenaga dorong torak
2.2 Poros Engkol
Befungsi untuk 1. merubah gerak naik turun menjadi gerak putar
                         2. Meneruskan gaya putar menuju fly wheel dan selanjutnya ke sistem                                       pemindah tenaga
Bahan yang digunakan untuk membuat poros engkol yaitu baja karbon tinggi
    A. Bantalan Poros Engkol
         Berfungsi untuk mencegah keausan dan mengurangi gesekan pada poros engkol

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU TEKNIK : Jenis Kikir, Bagian Kikir beserta Cara Pemegangan dan Posisi Pengikiran yang Benar

Nama Bagian dan Bentuk Kikir Mengikir adalah salah satu dari banyak macam kerja bangku yang penting dan juga sulit untuk mencapai hasil yang tepat. Pada umumnya untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana mengikir akan lebih ekonomis, baik biaya maupun waktunya, dibandingkan dengan menggunakan mesin-mesin modern. Kikir terbuat dari baja karbon tinggi yang ditempa, dan dibedakan menurut panjang, bentuk penampang, jenis dan kekasaran gigi pemotongnya Bentuk penampang kikir yang sering digunakan pada pekerjaan logam adalah bentuk rata, segi empat, segi tiga, bulat, setengah bulat, bujur sangkar, dan ellip. Jenis Gigi Kikir Kikir dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan pada jenis gigi pemotongnya, yaitu kikir bergigi tunggal dan kikir bergigi kembar/dua. Kikir dengan gigi potong tunggal digunakan untuk pemotongan benda kerja secara halus. Artinya pemotongan tidak dapat dilaksanakan secara tepat, tetapi hasil pengikiran pada permukaan benda kerja menjadi lebih halus. Kikir bergigi

ILMU TEKNIK : JENIS-JENIS KAYU UNTUK KUSEN RUMAH

1.       KAYU JATI Merupakan  Kayu yang memiliki warna umum coklat ini mem iliki urat bewarna coklat gelap  Kayu Jati terkenal akan kekuatan dan kepadatannya, yang mempengaruhi durabilitas kayu ini. Minyak didalam Kayu Jati dianggap membuatnya menjadi lebih tahan rayap, dan pori-pori nya yang kecil menyebabkan kayu ini dapat di finishing sangat halus.Kepadatan Kayu Jati membuatnya menjadi kayu favorit untuk dibuat ukiran. Kayu jati memiliki kekerasan antara 630-720 Kgs/M3 Kayu Jati saat ini juga sering diburu bekas-nya untuk menghasilkan produk berkesan rustic, dan dengan berbagai karakter yang disebutkan tadi Kayu Jati sangat cocok untuk di jadikan furniture berkelas dan bahan bahan ukiran. 2.       KAYU MERANTI Merupakan  Kayu yang bahasa latinnya Mahoni Philipina sering kita temui berwarna coklat ke merahan dan tanpa urat (grain)  Kayu Meranti atau sering juga disebut Kayu Kalimantan merupakan kayu yang sering dipergunakan untuk membuat kusen, furniture dan panel. Mendapat julukan K

Ternyata ini Alasan Kenapa JavaScript Tidak Memperbaiki Kekurangannya

Contoh kasus yang belum lama terjadi di lanskap Javascript:  Smooshgate . Pada tahun 2018, sebuah proposal fitur baru JavaScript mencapai  stage 3  dan siap menjalani uji implementasi, yaitu fungsi  Array.prototype.flatten . Fungsi tersebut membuat array yang bertingkat menjadi hanya satu tingkat, misalnya  [1, [2, 3]].flatten() akan menghasilkan  [1, 2, 3] . Fitur baru berdasarkan spesifikasi tersebut diluncurkan di Firefox Nightly untuk pengujian, masalah pun ditemukan. Seseorang melaporkan  bug  di Bugzilla untuk rilis Firefox Nightly, ia menemukan sebuah situs cuaca di Jerman,  http://wetteronline.de   tidak berfungsi sebagai mana mestinya akibat  polyfill  yang dilakukan MooTools terhadap  Array.prototype.flatten  yang memiliki ketidakcocokan dengan spesifikasi flatten yang akan diluncurkan [1] . Melihat masalahnya adalah dengan MooTools, seorang kontributor lain di Bugzilla menduga situs yang akan mengalami masalah ada lebih banyak, mengingat popularitas MooTools di zamannya. Moo