Langsung ke konten utama

ILMU REFRIGERASI : Cara Merawat dan Membersihkan Kulkas yang Paling Mudah namun Benar

Cara Merawat Kulkas 



Hal-HaI yang Harus dilakukan Ketika Kulkas Masih Baru

  1. Bersihkan dengan saksama kulkas Anda dari debu meskipun masih 
  2. Segera pasang perlengkapannya, seperti raki kotak es, dan lainlain pada tempatnya. 
  3. Hindari lokasi yang lembab maupun terkena sengatan matahari langsung. 
  4. Berilah jarak 1 inci atau lebih dari dinding, 10 inci atau lebih jarak dari bagian atasnya, dan minimal 2,5 cm dari lantai. Hal tersebut bermanfaat bagi sirkulasi udara pada kulkas Anda. 
  5. Sebaiknya hubungan listrik kulkas melalui stop kontak tunggal karena mencegah alat listrik lain maupun lampu rumah Anda dari beban yang dapat membuat listrik turun. 
  6. Saat pertama kali digunakan, putar pengatur suhu pada posisi 1. Biarkan kulkas Anda beroperasi tanpa beban selama 2-3 jam untuk menstabilkan suhu operasinya. Jika pengoperasian tersebut terganggu/terputus karena listrik, maka tunggulah 5 menit sebelum Anda menyalakan kembali. 

Cara Menyimpan Makanan dalam Kulkas



  • Jangan menyimpan makanan yang mudah busuk (buah dan sayuran) pada evaporator/tempat membuat es.
  • Jangan memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas karena dapat menyerap listrik lebih banyak dan tentunya bisa membuat rekening listrik bertambah besar.
  • Jangan menyimpan botol kaca berisi air pada evaporator karena botol tersebut dapat pecah saat membeku.
  • Untuk makanan yang memiliki bau yang tajam sebaiknya diletakkan  Untuk makanan yang memiliki bau tajam sebaiknya diletakkan dalam tempat yang tertutup/terbungkus rapat agar tidak mencemari makanan lain.
  • Perhatikan lama penyimpanan makanan dalam kulkas. Untuk buah dan sayuran segar biasanya 3-4 hari, arbei dan anggur 1-2 hari, ikan segar 1-2 hari, daging potong segar 4-5 hari, susu dan krim 3-7 hari telur 2 minggu, keju keras kurang lebih 1 bulan sedangkan rninuman sesuai dengan tanggal kedaluwarsanya. 

Cara Membersihkan Kulkas

  • Sebaiknya bersihkan kulkas Anda secara teratur untuk mencegah timbulnya bau. 
  • Sebelum membersihkan dianjurkan untuk melepas daulu sakelar listrik dan keluarkan seluruh makanan. 
  • Segera lap tumpahan makanan karena dapat mengotori permukaan plastik secara permanen. 
  • Jangan membersihkan permukaan dengan keset, sikat, dan pembersih kasar sejenis serta larutan alkali. 
  • Jangan menyentuh permukaan yang beku dengan kain yang basah dan kotor karena basah dan kotor akan mudah melekat di permukaan yang beku. 
  • Untuk membersihkan bagian luar dan gasket pintu magnetis, gunakan larutan busa sabun lunak atau detergen yang hangat kuku, basuh dengan kain lap basah lalu keringkan. 

Cara Merawat Evaporator

  1. Jangan sekali-kali menggunakan benda tajam ataupun logam mengambil es maupun kotak es pada evaporator.
  2. Sebaiknya Anda perlu melakukan peleburan bunga es secara teratur (bunga es sebelum tebalnya melebihi 2 cm) agar kulkas selalu beroperasi dengan efisien. 
  3. Untuk melakukan peleburan bunga es tekanlah tombol untuk peleburan/defrosting dan tidak perlu mencabut sakelar listrik. 

Perawatan Harian

  1. Segera bersihkan tumpahan makanan, sebelum tumpahan makanan tersebut menjadi kering. 
  2. Biasakan untuk membersihkan terlebih dahulu bekas selai, sirup atau kecap yang menempel di tutup atau botol, sebelum memasukkannya ke dalam kulkas. Hendaknya semua wadah penyimpanan yang akan dimasukkan ke dalam kulkas sudah dalam keadaan bersih. 
  3. Periksa bahan makanan yang sudah mulai membusuk dan segera buang. 
  4. Bila ingin mencairkan daging dari freezer di chiller, biasakan menempatkan daging di atas mangkuk atau piring cekung agar lelehan air bekas daging tidak mengotori chiller. 

Perawatan Mingguan

  • Lap pintu dan atas kulkas termasuk pinggirannya dengan kain yang dibasahi dengan campuran air dan sedikit cairan pencuci piring yang ringan. Lap tidak perlu basah, cukup lembap saja. Lap seluruh bagian kulkas dengan seksama. 

Perawatan Enam Bulanan

  • Matikan listrik kulkas Anda. Kosongkan semua isi dan keluarkan rakrak untuk dicuci dan dibersihkan secara saksama. Jangan lupa cek bak penampungan air di bagian belakang kulkas Anda. 

Komentar

  1. Mantan gan materinya, mau tanya gan, apa hubungannya dalam sistem memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas sehingga dapat menyerap listrik lebih banyak?

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat materi Yang diberikan dapat menambah wawasan Dan pengetahuan.

    BalasHapus
  3. Terima kasih gan, atas wawasannya
    bisa saya praktekkan langsung dirumah

    BalasHapus
  4. Bagus gan jadi tambah ilmunya kadang kulkas sering bau kalo nyimpan daging sama ikan.

    BalasHapus
  5. tutorial nya sagnat bermanfaat sekali gan, saya baru tau ada perawatan perminggu hinga perbulannya

    BalasHapus
  6. boleh langsung dicoba nih min, sepertinya akan berhasil

    BalasHapus
  7. materinya sangat memberikan wawasan, dan mudah untuk di pahami

    BalasHapus
  8. Wah, selama ini taunya tinggal make aja, gk tau klo ada jadwal perawatan segala.
    Makasih infonya bermanfaat bang...

    BalasHapus
  9. terimakasih gan atas ilmunya, otw praktek nih

    BalasHapus
  10. Thanks gan infonya, saya kabarin nanti ke ibu saya hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU TEKNIK : Jenis Kikir, Bagian Kikir beserta Cara Pemegangan dan Posisi Pengikiran yang Benar

Nama Bagian dan Bentuk Kikir Mengikir adalah salah satu dari banyak macam kerja bangku yang penting dan juga sulit untuk mencapai hasil yang tepat. Pada umumnya untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana mengikir akan lebih ekonomis, baik biaya maupun waktunya, dibandingkan dengan menggunakan mesin-mesin modern. Kikir terbuat dari baja karbon tinggi yang ditempa, dan dibedakan menurut panjang, bentuk penampang, jenis dan kekasaran gigi pemotongnya Bentuk penampang kikir yang sering digunakan pada pekerjaan logam adalah bentuk rata, segi empat, segi tiga, bulat, setengah bulat, bujur sangkar, dan ellip. Jenis Gigi Kikir Kikir dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan pada jenis gigi pemotongnya, yaitu kikir bergigi tunggal dan kikir bergigi kembar/dua. Kikir dengan gigi potong tunggal digunakan untuk pemotongan benda kerja secara halus. Artinya pemotongan tidak dapat dilaksanakan secara tepat, tetapi hasil pengikiran pada permukaan benda kerja menjadi lebih halus. Kikir bergigi

ILMU TEKNIK : JENIS-JENIS KAYU UNTUK KUSEN RUMAH

1.       KAYU JATI Merupakan  Kayu yang memiliki warna umum coklat ini mem iliki urat bewarna coklat gelap  Kayu Jati terkenal akan kekuatan dan kepadatannya, yang mempengaruhi durabilitas kayu ini. Minyak didalam Kayu Jati dianggap membuatnya menjadi lebih tahan rayap, dan pori-pori nya yang kecil menyebabkan kayu ini dapat di finishing sangat halus.Kepadatan Kayu Jati membuatnya menjadi kayu favorit untuk dibuat ukiran. Kayu jati memiliki kekerasan antara 630-720 Kgs/M3 Kayu Jati saat ini juga sering diburu bekas-nya untuk menghasilkan produk berkesan rustic, dan dengan berbagai karakter yang disebutkan tadi Kayu Jati sangat cocok untuk di jadikan furniture berkelas dan bahan bahan ukiran. 2.       KAYU MERANTI Merupakan  Kayu yang bahasa latinnya Mahoni Philipina sering kita temui berwarna coklat ke merahan dan tanpa urat (grain)  Kayu Meranti atau sering juga disebut Kayu Kalimantan merupakan kayu yang sering dipergunakan untuk membuat kusen, furniture dan panel. Mendapat julukan K

Ternyata ini Alasan Kenapa JavaScript Tidak Memperbaiki Kekurangannya

Contoh kasus yang belum lama terjadi di lanskap Javascript:  Smooshgate . Pada tahun 2018, sebuah proposal fitur baru JavaScript mencapai  stage 3  dan siap menjalani uji implementasi, yaitu fungsi  Array.prototype.flatten . Fungsi tersebut membuat array yang bertingkat menjadi hanya satu tingkat, misalnya  [1, [2, 3]].flatten() akan menghasilkan  [1, 2, 3] . Fitur baru berdasarkan spesifikasi tersebut diluncurkan di Firefox Nightly untuk pengujian, masalah pun ditemukan. Seseorang melaporkan  bug  di Bugzilla untuk rilis Firefox Nightly, ia menemukan sebuah situs cuaca di Jerman,  http://wetteronline.de   tidak berfungsi sebagai mana mestinya akibat  polyfill  yang dilakukan MooTools terhadap  Array.prototype.flatten  yang memiliki ketidakcocokan dengan spesifikasi flatten yang akan diluncurkan [1] . Melihat masalahnya adalah dengan MooTools, seorang kontributor lain di Bugzilla menduga situs yang akan mengalami masalah ada lebih banyak, mengingat popularitas MooTools di zamannya. Moo